SLPTT CABE KRIBO DI KROSOK



Peserta SLPTT sedang serius mendengarkan arahan kegiatan yang akan dilaksanakan


Kelompok Tani Dewi Sinto Dusun Tambak Desa Krosok Kecamatan Sendang pada Hari Kamis Tanggal 10 Mei 2012 melaksanakan Pembukaan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu atau yang disingkat SLPTT.  Kelompok Tani ini berdiri sejak tanggal 15 Nopember 1999 dimana setiap selapan (35hari) sekali mengadakan pertemuan rutin di rumah Tamat selaku Ketua Kelompoknya. 

           
SLPTT merupakan salah satu Metode Penyuluhan yang cocok diterapkan untuk saat ini, ada istilah learning by doing (belajar sambil berbuat) di mana petani selain belajar atau menerima inovasi tehnologi dari  penyuluh juga langsung praktek langsung di lahan sawah.

Pada pembukaan SLPTT ini dihadiri oleh Pejabat Kantor BKPP Kabupaten Tulungagung Ir. Achmad Djuri selaku Kuasa Anggaran kegiatan ini serta 3 Pejabat KJF BKPP Tulungagung.  Achmad Djuri mengatakan bahwa kegiatan SLPTT ini merupakan salah satu paket tehnologi yang cocok untuk saat ini. Kegiatan ini nantinya melaksanakan delapan kali pertemuan dengan jumlah peserta 25 petani dari Desa Krosok Kecamatan Sendang.

 Untuk dana konsumsi pertemuan 8 kali, pengadaan pupuk organik, pupuk an organik, obat-obatan serta uang saku bagi petani, kelompok tani menerima dana pancingan sebesar Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Dana ini tidak seberapa jumlahnya namun diharapkan dengan adanya kegiatan ini dari Desa Krosok akan muncul petani-petani cabe yang handal, tidak hanya bisa menanam cabe saja dan menjual ke pedagang. Apalagi jika para petani cabe di wilayah ini bisa bersatu dan dapat langsung mengakses ke pasar yang lebih besar, misalnya Super Market atau bahkan ke Puspa Agro di Sidoarjo.



PPL Desa Krosok (tengah-baju orange) bangga akan kekompakan dari Kelompok Tani Dewi Sinto, 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLAS JUGA MENYERANG RUMPUT GAJAH

AYAM PELUNG BIKIN KITA UNTUNG