MUTIARA DALAM KANDANG



Kecamatan Sendang merupakan daerah yang terletak di dataran tinggi yaitu di atas 1000 m dpl. Bersuhu cukup rendah yaitu berkisar antara 18oC – 24oC, dengan topografi  terjal berbukit akan tetapi mempunyai keindahan alam yang luar biasa dan tingkat kesuburan tanah yang masih terjaga, dengan kondisi seperti itu banyak tumbuh usaha baik dibidang pertanian khususnya hortikultura dan usaha dibidang peternakan khususnya sapi perah.

             Lereng Gunung Wilis menyimpan sebuah potensi usaha  dengan nilai profit yang cukup menjanjikan dan ini menjadi tumpuan pokok masyarakat Kecamatan Sendang khususnya Desa Geger, hampir 90% masyarakat berkecimpung dalam usaha ini dengan kepemilikan rata-rata 3-8 ekor sapi perah.
            Sapi perah bagaikan mutiara dalam kandang yang setiap hari bisa menghasilkan rupiah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ada 2 jenis ternak sapi perah yang lazim dipelihara di kecamatan Sendang yaitu Fries Holstein (FH) dan Yersey, dalam sehari seekor sapi dapat menghasilkan 10–20 ltr susu, dengan keuntungan Rp.500,000,- sampai Rp.1.000,000,-/ekor/bln. Populasi ternak sapi perah di Kecamatan Sendang ± 20.000 ekor, sekitar 80% terdapat di Desa Geger dan lainnya menyebar dibeberapa desa di Kecamatan Sendang. 
Sapi perah merupakan hewan yang hidup di daerah yang bersuhu rendah sesuai dengan habitat aslinya yaitu di daratan Eropa. Untuk itu meskipun usaha ini mempunyai profit yang menjanjikan akan tetapi tidak semua daerah bisa mengusahakan ternak sapi perah ini, hampir keseluruhan wilayah yang dapat mengusahakan adalah di dataran tinggi dengan suhu rendah. Selain sumberdaya alam sebagai faktor penghambat perkembangan usaha ini, yang jauh lebih penting sebagai faktor penentu keberhasilan dalam usaha ini adalah sumberdaya manusia karena pemeliharaan sapi perah sangat berbeda dengan sapi potong pada umunya, faktor makanan dan juga menejemen pemeliharaan harus diperhatikan .
Pasar  merupakan faktor vital dalam keberhasilan usaha sapi perah untuk menjual produk utama usaha  yaitu susu, di Kecamatan Sendang terdapat 2 koperasi besar dan beberapa suplayer yang bergerak dalam bidang usaha ini.
Dengan semua potensi yang ada tak mengherankan Kecamatan Sendang menjadi salah satu daerah penyumbang susu terbesar di Jawa Timur.

Komentar

  1. Tolong diberi tips memlihara sapi perah supaya produksi susu tinggi dan sapi tetap sehat....
    Imam di Tulungagung

    BalasHapus
  2. Produksi susu sangat erat kaitannya dengan potensi induk dan manajemen pemberian pakan.
    Jika potensi induk rendah meski diberikan pakan dengan kualitas baik, maka tidak akan berpengaruh meningkatkan produksi susu atau pengaruhnya sangat kecil.
    Manajemen pemberian pakan harus dilakukan dengan benar, cara dan waktu pemberian pakan harus tepat, kuantitas dan kualitas pakan konsentrat dan hijauan (rumput), dan pemberian pakan tambahan (feed additive).
    Perlu diketahui bahwa setiap periode dan bulan laktasi menghasilkan produksi susu yang berbeda-beda.
    Sedangkan kesehatan ternak dapat dijaga dengan sanitasi kandang yang baik, dan pemberian supplement/multivitamin, dan biasanya ada obat-obatan atau vaksin, serta kualitas dan kuantitas pakan dijaga, karena membutuhkan nutrisi yang banyak.
    Referensi bisa dicari di mbah gugel..😄😄😄

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLAS JUGA MENYERANG RUMPUT GAJAH

AYAM PELUNG BIKIN KITA UNTUNG