TAK HARUS DENGAN MENAMBAHKAN KONSENTRAT



Seperti yang kita tahu bahwa ternak mutlak memerlukan Protein untuk pertumbuhan, begitu juga pada ternak kambing.  Peternak biasanya selain memberikan rumput juga menambahkan konsentrat untuk mencukupi kebutuhan protein tersebut. Hal tersebut tentu saja menambah biaya produksi dan ujungnya keuntungan usaha berkurang.
            Pada daerah yang ketersediaan lahan untuk menanam hijauan masih luas bisa disiasati dengan penanaman Hijauan Pakan Ternak dari bangsa Leguminosae seperti Kaliandra dan Gamal / Dadap B. Kedua jenis Hijauan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Gamal / Dadap B mempunyai kandungan Protein Kasar 23 % dan Kaliandra 22,4 % (sumber : Animal Feed Resources Information system,FAO). Jika dibanding konsentrat sapi perah yang ada didaerah Sendang Kabupaten Tulungagung yang mempunyai kadar protein ± 14 % dengan harga Rp 2.000,- /kg Gamal dan Kaliandra masih unggul dari segi kadar protein. Berikut kami berikan paparan masing-masing dari jenis Hijaun Pakan Ternak ini :
1.        Gamal (Gliricidea Maculata)
Gamal berasal dari Amerika Tengah dan Brazilia yang beriklim kering.Ditemukan mulai dari permukaan laut hingga ketinggian 1200 meter. Akan tetapi, tumbuhan ini telah lama dibudidayakan dan bernaturalisasi di wilayah tropika Meksiko, Amerika Tengah, dan bagian utara Amerika Selatan, sampai pada ketinggian 1.500 m. Jenis ini juga telah diangkut ke wilayah Karibia dan kemudian ke Afrika Barat. Ia di introduksikan ke Filipina oleh orang Spanyol pada awal tahun 1600-an, dan ke Sri Lanka dalam abad ke-18l dari sana tumbuhan ini mencapai negara Asia lain, termasuk Indonesia (kira-kira tahun 1900), Malaysia, Thailand dan India.
Selain sebagai pakan tanaman ini juga digunakan pagar, dan penahan erosi. Dapat diperbayak dengan menggunakan stek ataupun biji. Perbanyakan tanaman ini bisa dilakukan dengan stek batang pada awal musin penghujan. Pada keadaan curah hujan yang tinggi metode ini biasanya kurang bagus karena batang akan membusuk dan tidak tumbuh. Penanaman setek lebih baik berasal dari batang bawah tanaman yang cukup usia (diatas 2 tahun), diameter batang cukup besar (diatas 4cm) dengan panjang setek bervariasi mulai dari 40cm sampai 1.5m. Tanaman yang diperbanyak dengan setek sudah dapat dipanen perdana pada usia di bawah 1 tahun. Biasanya 8-10 bulan. Sedangkan pada tanaman biji, hasil biomasa baru dapat diperoleh pada usia sekira 2 tahun. Jarak tanam juga bervariasi, antara 40 -50cm sampai dengan 1.5 – 5m tergantung kebutuhan. Gamal mengandung nilai gizi yang tinggi.Protein kasar berada diantara 18-30% dan rata-rata 23 %. Tanaman ini tidak mengandung racun tetapi ada sedikit kelemahan dari Gamal yaitu mempunyai bau yang terkadang kurang disukai ternak.

1.        Kaliandra (Calliandra calothrysus)
Tinggi tanaman (pohon) kaliandra dapat mencapai 8 m. tanaman kaliandra dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 m dpl, toleran terhadap tanah yang kurang subur, dapat tumbuh cepat dan berbintil akar sehingga mampu menahan erosi tanah dan air.
Manfaat kaliandra pada makanan ternak adalah sebagai bank protein (kadar Protein Kasar 22,4%). Penanaman kaliandra pada tanah-tanah yang kurang produktif dapat menekan pertumbuhan gulma.Selain itu tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman penahan erosi dan penyubur tanah. Tanaman ini juga tidak mengandung racun, dan mempunyai Palatabilitas yang sangat tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLAS JUGA MENYERANG RUMPUT GAJAH

AYAM PELUNG BIKIN KITA UNTUNG