MUSUH ALAMI LESTARI, HAMA PENYAKIT LARI …………………

Kali ini kita akan mengupas sedikit tentang sahabat petani (musuh alami). Musuh alami adalah organism hidup yang memangsa / menumpang pada hama dan dianggap sebagai musuh dari hama dan penyakit pada tanaman budidaya. Sasaran musuh alami untuk menekan populasi hama dan penyakit tanpa merusak lingkungan. Dalam keadaan seimbang sebenarnya alam mampu memberikan perlindungan alami terhadap hama dan penyakit pada tanaman budidaya jika jumlah musuh alami seimbang dengan jumlah organism pathogen (hama dan penyakit) karena organism pathogen akan menyerang tanaman budidaya jika terjadi ketidakseimbangan antara keduanya. Biasanya para petani banyak menggunakan pestisida untuk mengatasinya. Padahal seperti kita ketahui bersama jika penggunaan pestisida dalam mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman budidaya dapat merusak lingkunag dan secara tidak langsung juga ikut memusnahkan musuh alami yang seharusnya kita jaga keberadaannya. 
 
Selanjutnya untuk menjaga kelangsungan hidup musuh alami yang sudah jarang kita jumpai mari kita menggunakan pestisida secara bijak. Tidak asal semprot dan sedikit-sedikit ada serangan langsung disemprot . Menggunakan pestisida secara bijak bukan berarti tidak menggunakaanya sama sekali tetapi menggunakaanya jika serangan hama dan penyakit pada tanaman budidaya sudah melewati ambang ekonomi demi keseimbangan ekosistem alam.

Musuh alami sangat banyak jumlah dan jenisnya, tapi kali ini yang akan dibicarakan adalah belalang sembah. Siapa kiranya yang belum pernah melihat belalang sembah??? Pasti hampir semua sudah pernah melihatnya. Belalang sembah  atau yang biasa kita sebut dengan walang kadung ini adalah salah satu musuh alami dari jenis predator (pemangsa) yang aktif memburu mangsanya dan mendeteksi musuhnya dengan antena. Disebut juga Praying Mantis dalam bahasa Inggris karena sikapnya yang seringkali kelihatan seperti berdoa (berdoa agar petani panennya melimpah mungkin yaaa) ini ada yang mempunyai warna hijau seperti daun dan coklat seperti ranting yang sanat berguna dalam penyamaran mengelabui mangsanya. Ada sekitar 2.300 spesies belalang sembah yang yang tersebar di seluruh dunia. Dan yang sering dijumpai di Indonesia adalah dari jenis Hierodula vitrea. Mangsanya diantaranya adalah hama Aphid sp, Helopeltis dan kutu kebul.

 

MARI LESTARIKAN MUSUH ALAMI …………  ^_^

Referensi :
http://dc304.4shared.com/img/SnuAMDws/s7/hama_2__helopeltis_.jpg






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BLAS JUGA MENYERANG RUMPUT GAJAH

KACANG SRIWET